Pilihlah salah satu jawaban yang benar! | ||
1. | Pernyataan dibawah ini yang termasuk unsur konstitutif berdirinya negara adalah ... | |
| a. | wilayah tertentu |
| b. | pengakuan dari negara lain |
| c. | tujuan negara |
| d. | UUD |
| | |
2. | Mengapa negara wajib dibela oleh warga negaranya ...? | |
| a. | karena hak setiap warga negara |
| b. | untuk melindungi Presiden dan kabi-netnya |
| c. | merupakan panggilan sejarah |
| d. | untuk menjalin kerjasama dengan negara lain |
| | |
3. | Mengapa tanggal 17 Agustus 1945 di-anggap sebagai hari lahirnya negara Indo-nesia...? | |
| a. | karena sejak saat itu negara Indonesia memiliki Presiden |
| b. | karena Belanda telah menyerah kala terhadap sekutu |
| c. | karena dikehendaki oleh bangsa Indonesia |
| d. | karena sejak saat itu negara Indonesia telah merdeka |
| | |
4. | Warga negara Indonesia dan orang asing yang tinggal di negara Indonesia dina-makan ... | |
| a. | bangsa Indonesia |
| b. | penduduk Indonesia |
| c. | warga negara Indonesia |
| d. | rakyat Indonesia |
| | |
5. | Yang membedakan antara warga negara dan bukan warga negara adalah ... | |
| a. | lamanya ia tinggal di wilayah negara |
| b. | warga negara memiliki pekerjaan tetap, sedangkan bukan warga negara tidak |
| c. | hak dan kewajibannya |
| d. | warga negara adalah orang Indonesia asli, sedangkan bukan warga negara adalah orang dari bangsa lain |
| | |
6. | Salah satu fungsi negara adalah “fungsi penertiban”. Untuk mewujudkan fungsi tersebut maka negara Indonesia mem-bentuk alat penertiban, yaitu ... | |
| a. | TNI |
| b. | POLRI |
| c. | KPK |
| d. | Densus 88 |
7. | Perhatikan pernyataan dibawah ini: | ||
| 1. | mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur | |
| 2. | melindungi segenap bangsa Indone-sia dan seluruh tumpah darah Indo-nesia | |
| 3. | memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa | |
| 4. | ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan abadi dan keadilan sosial | |
| | | |
| Tujuan nasional Indonesia termuat di dalam Pembukaan UUD 1945, seperti yang ditunjukan pada nomor ... | ||
| a. | 1, 2, dan 3 | |
| b. | 2, dan 3 | |
| c. | 2, 3, dan 4 | |
| d. | 3, dan 4 | |
| | | |
8. | Dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 3 ditegas-kan bahwa upaya pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban ... | ||
| a. | Warga Negara Indonesia | |
| b. | TNI | |
| c. | POLRI | |
| d. | Pemerintah | |
| | | |
9. | Segala kebijakan pemerintah harus diatur dan dilaksanakan atas dasar hukum, itulah prinsip negara hukum. Undang-Undang yang mengatur tentang pertahanan negara adalah ... | ||
| a. | UU nomor 32 tahun 2004 | |
| b. | UU nomor 2 tahun 2003 | |
| c. | UU nomor 22 tahun 1998 | |
| d. | UU nomor 3 tahun 2002 | |
| | | |
10. | Pada saat negara Indonesia menghadapi ancamam tradisional, seperti peristiwa ambalat maka yang menanggulangi ada-lah ... | ||
| a. | Seluruh Warga Negara Indonesia | |
| b. | TNI | |
| c. | POLRI | |
| d. | Menteri Pertahanan dan Keamanan | |
| | | |
11. | Sistem pertahanan dan keamanan yang mengikutsertakan seluruh warga negara dalam belah negara adalah ... | ||
| a. | sistem perlawanan rakyat | |
| b. | sistem kerjasama | |
| c. | sistem keamanan lingkungan | |
| d. | sistem hankamrata | |
| | |
12. | Komponen pendukung dalam melaksana-kan tugas dan fungsi pertahanan negara adalah ... | |
| a. | Seluruh rakyat Indonesia |
| b. | Seluruh lembaga-lembaga negara |
| c. | TNI dan POLRI |
| d. | Pemerintah |
| | |
13. | Untuk mengatur kehidupan negara yang aman dan tertib, maka negara berwenang menetapkan ... | |
| a. | mobilisasi tentara ke negara lain |
| b. | kerjasama dengan negara adidaya |
| c. | peraturan perundang-undangan |
| d. | negara dalam keadaan aman |
| | |
14. | Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu bentuk usaha pembelaan negara karena ... | |
| a. | senantiasa mengedepankan TNI dan POLRI. |
| b. | senantiasa membahas masalah peme-rintahan. |
| c. | membentuk peserta didik yang memi-liki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. |
| d. | wajib diberikan pada jenjang pendi-dikan mulai TK sampai perguruan tinggi. |
| | |
15. | Bentuk dan tindakan upaya bela negara dapat dilakukan seperti dibawah ini, kecuali ... | |
| a. | Pendidikan kewarganegaraan |
| b. | Pelatihan dasar kemiliteran |
| c. | Pengabdian sesuai profesi |
| d. | Penggalangan masa untuk berde-monstrasi |
| | |
16. | Bentuk pertahanan negara Indonesia ber-sifat semesta artinya ... | |
| a. | Rakyat merupakan kekuatan utama dalam bidang pertahanan negara. |
| b. | Seluruh rakyat Indonesia wajib diberi pelatihan militer. |
| c. | Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap pembelaan negara. |
| d. | Setiap warga negara wajib mengenal personil TNI. |
| | |
17. | Bela Negara tidak hanya menyangkut per-tahanan negara, namun merupakan upaya warga negara untuk ... | |
| a. | mempertahankan serangan agresi mi-liter dari negara lain. |
| b. | memberikan pelatihan militer bagi setiap warga negara. |
| c. | memperkuat persenjataan militer. |
| d. | memajukan bangsanya disegala bi-dang kehidupan. |
| | |
18. | Ancaman terhadap kedaulatan negara kesatuan RI yang datangnya dari luar negeri, contohnya ... | |
| a. | sikap anarkis warga masyarakat pada saat berdemonstrasi |
| b. | pelanggaran wilayah oleh kapal perang asing |
| c. | terjadinya bencana alam yang ber-ulangkali |
| d. | perkelaian antar pelajar antar sekolah |
| | |
19. | Contoh perbuatan yang mengutamakan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan adalah ... | |
| a. | menabung uang di Bank |
| b. | menjaga keamanan dan ketertiban umum |
| c. | menjaga keamanan keluarga |
| d. | juru parkir menjaga keamanan sepeda yang sedang diparkir |
| | |
20. | Untuk menjaga keselamatan negara dari berbagai ancaman, suatu negara perlu menjalin kerjasama dengan negara lain. Dalam hubungan kerjasama dengan negara lain negara Indonesia menerapkan politik luar negeri, yaitu ... | |
| a. | politik bebas aktif |
| b. | politik balas budi |
| c. | politik adu domba |
| d. | politik kerjasama |
| | |
21. | Contoh pelaksanaan pasal 27 ayat 3 UUD 1945 adalah ... | |
| a. | mengikuti kegiatan siskamling |
| b. | mendaftar menjadi ABRI |
| c. | menghormati orang lain yang sedang beribadah |
| d. | mendirikan partai politik |
| | |
22. | Wujud bela negara bagi siswa di sekolah yaitu ... | |
| a. | berlatih bela diri |
| b. | latihan baris berbaris |
| c. | latihan perang-perangan |
| d. | mematuhi tata tertib sekolah |
| | |
23. | Peran serta masyarakat dalam upaya pembelaan negara dapat dilihat dari ... | |
| a. | besarnya sumbangan untuk bangsa dan negara |
| b. | siap bertempur menghadapi musuh |
| c. | gotong royong dalam pembangunan dilingkungannya |
| d. | banyaknya poskamling yang ada di-setiap desa |
| | |
24. | Perhatikan pernyataan yang tersebut di-bawah ini: | |
| 1. | memupuk harta kekayaan |
| 2. | partisipasi aktif dalam pembangunan |
| 3. | rajib Belajar |
| 4. | sadar hukum |
| 5. | bekerja keras |
| | |
| Sebagai bangsa yang hidup merdeka, kita dituntut untuk mengisi kemerdekaan dengan baik, dengan cara ... | |
| a. | 1, 2, dan 4 |
| b. | 2, 3, dan 4 |
| c. | 3, 4, dan 5 |
| d. | 2, 3, 4, dan 5 |
| | |
25. | Cinta bangsa (nasionalisme) yang meru-pakan perwujudan upaya pembelaan negara antara lain contohnya ... | |
| a. | Mengutamakan penggunaan barang –barang produk dalam negeri. |
| b. | Lebih baik membeli barang luar negeri karena mutunya jauh lebih baik. |
| c. | Menganggap derajat bangsanya yang paling unggul sedangkan derajat bangsa lain rendah. |
| d. | lebih baik mengasingkan diri dari bangsa lain daripada bersikap ke-barat - baratan. |
| | |
26. | Salah satu bentuk partisipasi warga negara dalam mengisi kemerdekaan adalah ... | |
| a. | mempelajari faktor-faktor pengham-bat pembangunan. |
| b. | secara aktif memenuhi kewajiban membayar pajak. |
| c. | membekali diri dikemudian hari dengan bekerja. |
| d. | menjadi orang yang berfungsi di-pemerintahan. |
| | |
27. | Tugas generasi penerus (sekarang) dalam mempertahankan kemerdekaan adalah ... | |
| a. | mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. |
| b. | mengisi kemerdekaan melalui pem-bangunan yang bermanfaat. |
| c. | mempertahankan kemerdekaan apa-bila diserang musuh. |
| d. | selalu berdoa kepada Tuhan agar melimpahkan kemakmuran. |
| | |
28. | Menurut pasal 1 ayat 1 UUD 1945, bentuk negara Indonesia adalah ... | |
| a. | Kepulauan |
| b. | Republik |
| c. | Kesatuan |
| d. | Federasi |
| | |
29. | Perhatikan pernyataan tersebut dibawah ini: | |
| 1. | mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan UU |
| 2. | NKRI dibagi atas daerah-daerah Provinsi dan |
| 3. | yang tiap-tiap Provinsi, kabupaten dan kota itu |
| 4. | daerah Provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota |
| | |
| Pernyataan tersebut di atas bila digabung akan menjadi bunyi UUD 1945 pasal 18 ayat 1, yaitu ... | |
| a. | 1, 2, 3, dan 4 |
| b. | 1, 3, 4, dan 2 |
| c. | 3, 4, 2, dan 1 |
| d. | 2, 4, 3, dan 1 |
| | |
30. | Hak, wewenang dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan, adalah merupakan pengertian ... | |
| a. | otonomi daerah |
| b. | daerah otonom |
| c. | daerah kekuasaan |
| d. | pemerintahan daerah |
| | |
31. | Yang dimaksud daerah otonom menurut ketentuan pasal 18 UUD 1945 adalah … | |
| a. | Provinsi, Kabupaten, Kecamatan |
| b. | Kabupaten, Kota Madya, Kecamatan, dan Kelurahan |
| c. | Provinsi, Kabupaten, |
| d. | Provinsi, Kabupaten, Kota Madya, Kecamatan, dan Kelurahan |
| | |
32. | Perhatikan pernyataan dibawah ini: | |
| 1. | kebijakan pemerintah pusat seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan daerah |
| 2. | meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengatur negara |
| 3. | sistim sentralisasi yang kurang men-guntungkan kehidupan di daerah |
| 4. | tidak mungkin pemerintah pusat mampu menangani semua masalah di daerah |
| | |
| Faktor yang mendorong terbentuknya otonomi daerah adalah ditunjukan pada nomor ... | |
| a. | 1, 2, dan 4 |
| b. | 1, 3, dan 4 |
| c. | 2, 3, dan 4 |
| d. | 1, 2, 3, dan 4 |
| | |
33. | Salah satu pertimbangan dibentuknya daerah otonom menurut UU nomor 32 tahun 2004 adalah ... | |
| a. | anjuran pemerintah pusat |
| b. | luas wilayah |
| c. | persetujuan DPRD |
| d. | keinginan daerah |
34. | Yang dimaksud pemerintah daerah menu-rut ketentuan UU nomor 32 tahun 2004 adalah ... | ||
| a. | Kepala daerah beserta perangkatnya dan DPRD | |
| b. | Kepala daerah sebagai penyelenggara pemerintahan daerah | |
| c. | Kepala daerah beserta perangkatnya dan DPD | |
| d. | Gubernur, Bupati, Walikota, Camat, dan Lurah | |
| | | |
35. | Seluruh penyelenggaraan negara sepenuh-nya diatur dan dilaksanakan oleh pemerintah pusat, merupakan pelaksanaan asas ... | ||
| a. | desentralisasi | |
| b. | dekonsentrasi | |
| c. | sentralisasi | |
| d. | tugas pembantuan | |
| | | |
36. | Masing-masing pemerintahan daerah ter-dapat adanya pembagian kekuasaan yaitu bidang legislatif dan eksekutif. Kekuasaan eksekutif dilaksanakan oleh ... | ||
| a. | Presiden | |
| b. | Kepala Daerah | |
| c. | DPRD | |
| d. | Kepala Daerah dan DPRD | |
| | | |
37. | Dalam kehidupan negara demokrasi, pemerintah tidak dapat bertindak sewe-nang-wenang karena selalu mendapat pengawasan. | ||
| Gubernur sebagai penyelenggara peme-rintahan di daerah selalu diawasi oleh ... | ||
| a. | Kepolisian | |
| b. | DPR | |
| c. | DPD | |
| d. | DPRD Provinsi | |
| | | |
38. | Kepala daerah dan DPRD harus senantiasa bekerjasama dalam penye-lenggaraan pemerintahan di daerah, uta-manya ... | ||
| a. | perumusan peraturan daerah | |
| b. | pengawasan pelaksanaan peraturan daerah | |
| c. | menetapkan kepala daerah | |
| d. | pembagian sisa anggaran pendapatan daerah | |
| | | |
39. | Perhatikan pernyataan dibawah ini: | ||
| 1. | Pengawasan | |
| 2. | Pemerataan | |
| 3. | Pendemokrasian | |
| 4. | Pemberdayaan Masyarakat | |
| | | |
| Tujuan otonomi daerah ditunjukan pada nomor ... | ||
| a. | 1, 2, dan 3 | c. 2, dan 4 |
| b. | 2, 3, dan 4 | d. 1, 2, 3, dan 4 |
40. | Dibawah ini pernyataan yang manakah yang paling benar. | |
| a. | Antara pemerintah daerah dan pe-merintah pusat hakekatnya terpisah karena memiliki urusan sendiri-sendiri. |
| b. | Pemerintah daerah dipilih oleh warga masyarakat daerah sedangkan peme-rintah pusat dipilih oleh seluruh rakyat Indonesia. |
| c. | Antara pemerintah daerah dan peme-rintah pusat memiliki hubungan yang bersifat hierarkhis. |
| d. | Karena pemerintah daerah telah diberi kewenangan penuh maka pemerintah pusat tidak punya urusan lagi dengan kepentingan daerah. |
| | |
41. | Serangkaian keputusan dan tindakan yang diambil oleh pemerintah daerah yang berhubungan dengan kepentingan umum disebut ... | |
| a. | peraturan daerah |
| b. | kebijakan publik daerah |
| c. | kewenangan daerah |
| d. | potensi daerah |
| | |
42. | Kebijakan publik harus dibuat melalui pertimbangan yang matang, karena ... | |
| a. | menyangkut kepentingan rakyat ban-yak |
| b. | menurut Undang-undang harus demi-kian |
| c. | yang membuat bukan rakyat secara langsung |
| d. | agar terjadi perubahan |
| | |
43. | Sebagai warga negara kita tidak boleh acuh tak acuh terhadap setiap kebijakan pemerintah, sebab setiap kebijakan peme-rintah ... | |
| a. | pasti mengandung sisi positif dan negatif |
| b. | pasti bermanfaat dan menguntungkan |
| c. | pasti mengikat dan mempengaruhi kepentingan hidup rakyat |
| d. | mengandung banyak aspek kehidu-pan |
| | |
44. | Salah satu wujud partisipasi masyarakat dalam pembentukan kebijakan publik di daerah adalah ... | |
| a. | menolak jika tidak sesuai dengan kepentingannya |
| b. | aktif mengikuti berbagai demonstrasi |
| c. | melakukan unjuk rasa setiap ada kunjungan kerja ke daerah |
| d. | menyampaikan aspirasi melalui DPRD |
| | |
45. | Kontrol masyarakat terhadap kebijakan pemerintah perlu dilakukan ... | |
| a. | agar pemerintah lebih giat |
| b. | agar tidak terjadi penyimpangan ke-kuasaan |
| c. | agar terkesan sebagai bangsa yang demokratis |
| d. | agar terjalin hubungan baik antara rakyat dengan pemerintah |
| | |
46. | Perhatikan pernyataan dibawah ini | |
| 1. | dapat memenuhi kebutuhan parpol |
| 2. | dapat membentuk masyarakat hukum |
| 3. | dapat membentuk prilaku demokratis |
| 4. | dapat membentuk masyarakat madani |
| | |
| Keikutsertaan masyarakat dalam peru-musan kebijakan publik mempunyai manfaat yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, sperti yang ditunjukkan pada nomor ... | |
| a. | 1, dan 4 |
| b. | 2, dan 3 |
| c. | 2, 3, dan 4 |
| d. | 1, 2, 3, dan 4 |
| | |
47. | Contoh prilaku warga masyarakat yang mencerminkan dukungannya terhadap kebijakan publik di daerah, adalah ... | |
| a. | saling menghormati dan menghargai hak-hak sesama manusia |
| b. | membakar warung yang berjualan pada bulan romadlon |
| c. | membuang sampah di tempat umum |
| d. | berdemonstrasi karena adanya pera-turan yang dianggap tidak sesuai |
| | |
48. | Perhatikan pernyataan tersebut dibawah ini | |
| 1. | tidak dibukanya kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi |
| 2. | kebijakan publik yang dibuat belum menyentuh pada kepentingan masya-rakat secara langsung |
| 3. | kebijakan publik tersebut tidak me-mihak pada kepentingan masyarakat |
| | |
| Mengapa anggota masyarakat tidak aktif dalam perumusan kebijakan publik di daerah? karena ... | |
| a. | 1, 2, dan 3 |
| b. | 2, dan 3 |
| c. | 2, 3, dan 4 |
| d. | 1, 2, 3, dan 4 |
| | |
49. | Apakah yang bakal terjadi bila warga masyarakat tidak aktif dalam perumusan kebijakan publik di daerah? | |
| a. | kebijakan publik dapat sejalan dengan nilai-nilai budaya masyarakat |
| b. | terjadi berbagai kejahatan di daerah |
| c. | dapat membentuk prilaku atau bu-daya demokrasi |
| d. | kebijakan publik tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat |
| | |
50. | Salah satu hambatan dalam pelaksanaan kebijakan publik di daerah adalah ... | |
| a. | rendahnya kemampuan pemerintah |
| b. | rendahnya kesadaran hukum warga masyarakat |
| c. | pemerintah daerah berpihak pada kepentingan masyarakat |
| d. | kurang kompaknya antara kepala daerah dengan DPRD |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar