Sabtu, 29 Januari 2011

SOAL LATIHAN

A. PILIH SATU JAWABAN YANG PALING TEPAT ( Nilai @ = 2 )

1. Makna idiologi adalah ….

a. Pedoman dalam peleksanaan pemerintahan

b. Seperangkat gagasan yang disususun secara sistimatis

c. Dasar berdirinya suatu negara

d. Pedoman dalam melaksanakan ajaran agama Islam

2. Fungsi idiologi adalah sebagai orientasi dasar, artinya ....

a. Keseluruan pengetahuan yang dapat dipakai landasan untuk memahami dunia dan kejadianya

b. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang untuk melangkah dan bertindak

c. Membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukan tujuan dalam kehidupan manusia

d. Kekuatan yang mampu mendorong seseorang untuk melakukan kegiatan

3. Pentinya ideologi bagi kehidupan manusia adalah ....

a. manusia mengetahui cara yang paling baik dalam bersikap dan berprilaku

b. manusia mampu mencukupi kebutuhan hidup

c. manusia dapat melakukan apa saja yang diinginkan

d. manusia menjadi mahluk yang paling sempurna

4. Fungsi ideologi bagi kehidupan suatu bangsa adalah ....

a. Pedoman untuk memilih presiden dan wakil presiden

b. Mengatasi segala macam penyakit

c. Mempersatukan sesama bangsa yang majemuk

d. Menghindari segala bentuk ancaman baik yang datang dari dalam maupun luar

5. Peranan penting idiologi bagi suatu bangsa khususnya bangsa yang baru berkembang adalah ....

a. Memelihara integritas nasional

b. Memajukan pembangunan nasional

c. Menciptakan ketertiban

d. Memperkuat keamanan nasional

6. Manfaat suatu negara memiliki idologi nasional adalah ....

a. Menjadi negara yang kuat

b. Dapat mengantarkan bangsa mencapai cita-cita

c. Dapat bersaing dengan negara lain

d. Bekerja sama dengan negara-negara lain

7. Bangsa Indonesia menggunakan pancasila sebagai ideologi nasional karena ....

a. pancasila dikutip dari nilai-nilai kehidupan bangsa yang telah maju

b. dirumuskan oleh para pendiri negara yaitu Sukarno – Hatta

c. dianjurkan oleh bangsa Jepang sebagai pendiri BPUPKI

d. digalin dari nilai-nilai luhur budaya bangsanya sendiri

8. Pancasila sebagai idiologi bangsa Indonesia dirumuskan oleh ....

a. PPKI

b. DPR

c. Presiden barsama DPR

d. BPUPKI

9. Pancasila diterima dan disahkan sebagai idiologi nasional sejak ....

a. 1 Juni 1945

b. 22 Juni 1945

c. 17 Agustus 1945

d. 18 Agustus 1945

10. Ideologi komunis sangat bertentangan dengan ideologi pancasila, karena ajaranya ....

a. nasionalisme

b. individualisme

c. kekeluargaan dan gotong royong

d. atheisme

11. Bangsa Indonesia telah menetapkan pancasila sebagai ideologi negara, maka ....

a. menerima pengaruh dari manapun selama sesuai dengan pancasila

b. tidak perlu bekerja sama dengan negara yang berbeda ideologi

c. menolak semua pengaruh yang berasal dari negara lain

d. bangsa Indonesia tidak pelu membandingkan dengan ideologi yang lain

12. Bunyi sila pertama pancasila dalam piagam jakarta adalah ....

a. Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Ketuhana Yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syareat islam bagi pemeluknya

c. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluknya

d. Ketuhanan yang menjalankan syariat islam bagi pemeluknya

13. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan YME, adalah percaya dan taqwa kepadaNya, maka bangsa Indonesia ....

a. semuanya memeluk agama dan kepercayaan yang sama

b. mempercayai adanya satu Tuhan

c. mengatur negara dengan menggunakan hukum agama

d. menolak faham atheisme yang tidak mengakui adanya Tuhan

14. Dampak dari penerapan idiologi liberalis adalah timbulnya ....

a. Demokrasi terpimpin

b. Paham kekeluargaan

c. Masyarakat bebas melakukan apa yang menjadi haknya

d. Kebebasan yang bertanggung jawab

15. Suatu idiologi yang dipaksakan sering dilaksanakan dengan cara-cara otoriter. Hal ini biasanya terjadi di negara yang menerapkan idiologi ....

a. Liberal

b. Islam

c. Komunis

d. Pancasila

16. Bangsa indonesia bangga memiliki idologi pancasila, sebab ....

a. Mampu menyelsaikan segala masalah di tanah air

b. Karena dirumuskan oleh para pendiri negara

c. Dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk

d. Setiap rencana perebutan kekuasaan dapat digagalkan

17. Ideologi pancasila bukan merupakan pandangan sosialisme dan individualisme, melainkan ...

a. mengutamakan kepentingan individu diatas kepentingan umum

b. mengutamakan kepentingan umum ditasa kepentingan individu

c. mengutamakan keseimbangan antara kepentingan umum dan kepentingan individu

d. mengutamakan kepentingan individu dan mengabaikan kepentingan bersama

18. Pancasila memberikan corak khusus kepada bangsa Indonesia sehingga membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain, merupakan perwujudan pancasila sebagai ….

a. Pandangan hidup bangsa Indonesia

b. Idiologi negara Indonesia

c. Dasar negara

d. Kepribadian bangsa Indonesia

19. Selain sebagai ideologi nasional, pancasila juga sebagai dasar negara yang berfungsi ....

a. menyatukan keanekaragaman bangsa

b. dasar mengatur pemerintahan negara

c. dasar bersikap dan berprilaku

d. dasar menetukan hubungan kerja sama

20. Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, merupakan perwujudan pancasila sebagai ....

a. Pandangan hidup bangsa Indonesia

b. Idiologi negara Indonesia

c. Dasar negara

d. Kepribadian bangsa Indonesia

21. Apabila MPR membuat keputusan atau Presiden bersama DPR membuat undang-undang tidak boleh menyimpang / bertentangan dengan pancasila, karena pancasila merupakan ...

a. Dasar negara Indonesia

b. Idiologi negara Indonesia

c. Kepribadian bangsa Indonesia

d. Alat pemersatu bangsa Indonesia

22. Pancasila menjadi tali pengikat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, sebab dapat ....

a. Menjadi penentu keberhasilan pembangunan nasional

b. Menangkal segala macam ancaman yang datang dari dalam maupun dari luar

c. Sebagai filter terhadap masuknya budaya asing

d. Menyatukan pandangan cita-cita bersama diatas keanekaragaman

23. Contoh pengamalan pancasila sila ke 2 dalam kehidupan sehari-hari adalah ....

a. Cepat tanggap terhadap penderitaan orang lain

b. Memberikan sumbangan untuk pembangunan tempat ibadah

c. Mengenal dan berkumpul bersama fakir miskin dan anak yatim

d. Siswa mempelajarai dan memahami bangsanya

24. Kita mendambahkan bahwa pelaksanaan pembangunan nasional berlandaskan pancasila, karena ....

a. Untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya

b. Menghasilkan masyarakat yang berkepribadian Indonesia

c. Demi kelangsungan dari generasi ke generasi lain yang bertanggung jawab

d. Mewujudkan masyarakat madani yang memiliki kepribadian unggul

25. Fungsi pancasila dalam hubunganya dengan pengaruh budaya asing dan kemajuan IPTEK adalah sebagai ....

a. Penyeimbang

b. Penyaring / filter

c. Penangkal

d. Penyalur

26. Suka bekerja keras merupakan pengamalan nilai-nilai pancasila khususnya sila ....

a. Ketuhanan yang maha Esa

b. Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Persatuan indonesia

d. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

27. Berbuat sewenang-wenang, seperti mengejek orang lain adalah bentuk sikap yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur pancasila, terutama sila ....

a. Kesatu

b. Kedua

c. Ketiga

d. Keempat

28. Tempat pertama dan utama untuk menanamkan nilai-nilai pancasila adalah ....

a. Lingkungan keluarga

b. Lingkungan masyarakat

c. Lingkungan sekolah

d. Lingkungan perkumpulan

29. Cara yang paling ampuh bagi penyelenggara negara dalam memasyarakatkan nilai-nilai pancasila adalah ....

a. Memberikan komentar tentang pancasila

b. Keteladanan

c. Mengajarkan tentang pancasila

d. Menunjukan

30. Upaya yang efektif untuk mempertahankan Pancasila sebagai idiologi bangsa dan negara Indonesia diantaranya adalah melalui ....

a. Menambah pasukan tempur

b. Memberikan latihan militer kepada seluruh masyarakat

c. Mengamalkan nilai-nilai pancasila dalan kehidupan sehari-hari

d. Memberikan sangsi yang berat terhadap pelanggaran nilai-nilai pancasila

31. Dimensi yang mencerminkan citra bahwa dirinya sama dan sebangun (identik) dengan realitas yang ada dalam masyarakat. Ideologi tersebut mengandung demensi ....

a. idealisme

b. realitas

c. feksibilitas

d. efektifitas

32. Ideologi liberalis bertentangan dengan ideologi Pancasila, karena ideologi liberalis mempunyai ciri pokok ....

a. sosialisme

b. materialisme

c. atheisme

d. individualisme

33. Dimensi yang mencerminkan kemampuan suatu ideologi dalam mempengaruhi sekaligus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembanagan masyarakat, biasanya disebut ....

a. idealisme

b. realitas

c. feksibilitas

d. efektifitas

34. kedudukan pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum mengandung makna ....

a. segala peraturan perundangan bersumberkan pancasila

b. Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara

c. Pancasila telah disahkan oleh Mahkama Agung sebagai hukum negara

d. Seleuruh pelanggaran hukum harus diadili dengan menggunakan pancasila

35. Salah satu fungsi pancasila adalah sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, yang artinya pancasila merupakan ....

a. pedoman tingkah laku bagi setiap warga negara dalam berbangsa dan bernegara

b. rumusan cita-cita yang ingin diwujudkan sebagai hasil kesepakatan bersama wakil rakyat

c. nilai-nilai luhur yang berperan sebagai pengatur tingkah laku pribadi dalam mencapai kebenaran

d. sebagai pedoman dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara

B. URAIKAN KOMENTAR ANDA ( Nilai 30, @ = 15 )

1. Uraikan komentar anda tentang pentingnya idiologi bagi kehidupan manusia, serta apa yang terjadi jika kehidupan manusia tanpa idiologi

2. Uraikan komentar anda tentang penerapan ideologi tertutup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

KRONOLOGIS DAN NILAI-NILAI PANCASILA

KRONOLOGIS PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA

  1. BPUPKI dibentuk oleh Jepang tanggal 29 April 1945 dengan ketua Dr. Rajiman Widyodiningrat dan anggotanya 62 orang, yang kemudian dilantik tanggal 28 mei 1945.
  2. BPUPKI mengadakan sidang paripurna dua kali, sidang yang pertama tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945. sedangkan sidang yang kedua tanggal 10 s.d 17 Juli 1945.
  3. Sidang BPUPKI yang pertama tgl. 29 Mei s.d 1 Juni 1945 dipergunakan untuk membahas rancangan dasar Negara, sedangkan sidang yang kedua tgl 10 s.d 17 juli 1945 dipergunakan untuk membahas konsep rancangan dasar Negara
  4. Pada tanggal 29 mei 1945 Mr. Muh. Yamin mendapat kesempatan yang pertama mengajukan konsep dasar Negara Indonesia merdeka (secara lesan), yaitu:

1) Peri Kebangsaan

2) Peri Kemanusiaan

3) Peri Ketuhanan

4) Peri Kerakyatan

5) Kesejahteraan Rakyat

Kemudian beliau mengajukan lagi konsep dasar Negara yang disampaikan secara tertulis, yaitu:

1) Ketuhanan Yang Maha Esa

2) Kebangsaan, persatuan Indonesia

3) Rasa Kemanusiaan yang adil dan beradab

4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hilmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5) Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

5. Tanggal 31 Mei 1945, Mr. Muh. Soepomo mendapat kesempatan, beliai menyampaikan pidato “ Negara hendaknya menyatu dengan bagian yang terbesar dari rakyat, juga tidak dengan kelompok ekonomi terkuat, melainkan harus mengatasi semua golongan dan kelompok dn semu individu. Untuk menyatu dengan seluruh lapisan rakyat secara mnyeluruh atau secara integral. Negara Indonesia harus menjadi sebuah Negara nasional, Negara kesatuan, yang mencakup semua agama dengan watak dan cirri-ciri hasnya. Kalau kita mendirikan sebuah Negara Islam di Indonesia, maka itu berarti bahwa kita tidak mendirikan Negara yang menyatu dengan seluruh rakyat, melainkan sebuah Negara yang menyatu dengan bagian yang terbesar dari rakyat Indonesia, ialah umat Islam di Indonesia.

6. Tanggal 1 Juni 1945 menyampaikan rumusan :

1) Kebangsaan Indonesia

2) Internasionalisme atau perikemanusiaan

3) Mufakat atau demokrasi

4) Kesejahteraan social

5) Ketuhanan Yang maha esa

7. Sebelum siding BPUPKI ditutup dibentuklah panitia perumus yang beranggotakan sembilan orang, sehingga dikenal dengan sebutan Panitia Sembilan, yaitu:

1) Ir. Sukarno, sebagai ketua

2) Drs. Muhammad Hatta

3) Mr. A.A Maramis

4) K.H Wahid Hasyim

5) Abdul kahar Muzakit

6) Abi Kusno Tjokrosuyoso

7) H. Agus Salim

8) Mr. Ahmad Subardjo

9) Mr. Muhammad Yamin

Panitia tersebut pada tanggal 22 Juni 1945 mengadakan siding, dan berhasil merumuskan dokumen Piagam Jakarta ( Jakarta Charter ) yakni Preambul yang berisi asas dan tujuan Indonesia merdeka, yang didalamnya termuat dasar negara, yaitu :

1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemelik-pemeluknya

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan

5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

8. Sidang II BPUPKI tanggal 10 s.d 17 Juli 1945, merumuskan rancangan tentang konsep batang tubuh Undang-Undang Dasar Negara Indonesia merdeka

9. Tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan kemudian dibentuklah PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dengan Ir. Sukarno sebagai ketua dan beranggotakan 21 orang.

10. Tanggal 14 Agustus 1945 Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu, sementara sekutu belum masuk menduduki Indonesia, terjadilah kekososngan kekuasaan (Facum of Power), yang kemudian dimanfaatkanoleh bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

11. tanggal 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yaitu dengan dibacanya tek proklamasi oleh Sukarno-Hatta

12. Sebelum PPKI menyelenggarakan sidang, terjadi protes dari sekelompok warga non muslim yang berasal dari orang Indonesia bagian timur menuntut agar sila pertama pancasila yang termuat dalam piagam Jakarta ( Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya ), tuju kata pada sila tersebut harus diaubah dengan ancaman bila tuntutanya tidak dikabulkan mereka akan memisahkan diri dari Negara Indonesia dan akan membentuk Negara sendiri. Dengan berat hati dan penuh pertimbangan, namun demi persatuan dan kesatuan akhirnya tuntutan mereka dikabulkan, digantilah sila “ Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya “ diubah menjadi “ Ketuhanan Yang Maha Esa “

13. Tanggal 18 Agustus 1945 PPKI menyelenggarakan sidang yang diawali penambahan jumlah anggota yang semula 21 orang, menjadi 26 orang. Dalam siding tersebut PPKI menghasilkan keputusan yang sangat penting bagi bangsa dan Negara Indonesia yaitu:

1) Menetapkan Udnag-Undang Dasar 1945 sebagai Undang-Undang Dasar Negara Indonesia

2) Memilih dan menetapkan Ir. Sukarno sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden

3) Untuk sementara waktu pekerjaan presiden sehari-hari dibantu oleh sebuah komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

14. Dengan ditetapkanya UUD 1945 ( tanggal 18 Agustus 1945 ) oleh PPKI, berarti ditetapkan juga pancasila sebagai dasar Negara dan sebagai idiologi bangsa Indonesia.


NILAI-NILAI PANCASILA

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

a. Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaanya terhadap Tuhan YME

b. Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan YME, sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Mengembangkan sikap hormat-menghormati dan bekerjasama antar pemeluk agama dan kepercayaan yang berbeda terhadap Tuhan YME

d. Membina kerukunan hidup diantara sesame umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME

e. Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan YME yang dipercayai dan diyakini

f. Mengambangkn sikap saling hormat menghormati kebebasab menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing

g. Tidak memaksakana agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME kepada orang lain

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

a. Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat martabatnya sebagai mahluk Tuhan YME

b. Mengakui persamaan derajat, persamaan hak dan kewajiban asasi manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan social, warna kulit dan sebgainya

c. Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia

d. Mengembangkan sikap tenggang rasa dan tepo selira

e. Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain

f. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan

g. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan

h. Berani membela kebenaran dan keadilan

i. Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia

j. Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekeja sama dengan bangsa lain

3. Persatuan Indonesia

a. Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan, dan keselamatan bangsa dan Negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan

b. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan Negara dan bangsa apabila diperlukan

c. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa

d. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia

e. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social

f. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika

g. Memajukan pergulan demi persatuan dan kesatuan bangsa

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

a. Sebagai warga Negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama

b. Tidak boleh memeksakan kehendak kepada orang lain

c. Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama

d. Musayawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan

e. Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah

f. Dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah

g. Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan

h. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur

i. Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilaai kebenaran dan keadilan, mengutamakan persatuan da kesatuan demi kepentingan bersama

j. Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan permusyawaratan.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

a. Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana ekeluargaan dan kegotong royongan

b. Mengembangkan sikap adil terhadap sesame

c. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

d. Menghormati hak orang lain

e. Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri

f. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang b ersifat pemerasan terhadap orang lain

g. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah

h. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bertentangan dengan atau merugikaan kepentingan umum

i. Suka bekerja keras

j. Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama

k. Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan keadilan social.